Senin, 28 Maret 2011

Tekhnologi Plasma Display dan LCD

Barangkali, kita sudah sering dengar mengenai tekhnologi terkini dalam era visualisasi saat ini yang bisa dibilang sudah semakin canggih, yaitu TV Plasma dan LCD, bahkan LED pun sudah merambah dalam dunia Visualisasi sekarang ini, tapi penulis akan mencoba untuk sedikit mengulas mengenai Plasma dan LCD. Karena dengan semakin tahu semakin bertambah " canggih " ilmu kita dalam dunia visualisasi.

Kalo kita ingat TV konvensional yang kita pakai dulu yah mungkin saat ini masih kita pakai adalah jenis TV Tabung dengan layar cembung, pastinya kita masih ingat. Tapi sebagian besar orang sudah merasakan kecanggihan dari Plasma dan LCD dan sudah meninggalkan TV konvensional. Jadi apa sih itu Plasma dan LCD dan apa kelebihan kedua Tekhnologi itu...

Mari coba saya jawab, tekhnologi plasma adalah bahan yang memiliki ion tinggi dan netral secara elektris* (adalah sebuah perangkat yang digerakkan oleh energi listrik),  Plasma sendiri terdiri dari partikel ion, elektron dan neutron, didalamnya selalu terdiri dari jumlah yang sama antara elektron dan ion positip, yah mungkin ini sedikit kita mengulas mengenai ilmu fisika,....mudah- mudahan masih inget.
Lalu bagaimanakah mekanisme kerjanya??...seperti inilah gambarnya

Perbandingan Tekhnologi



















Dalam plasma, elektron sudah dipisahkan dari nukleus inti, jadi sebuah plasma terdiri dari atas banyak ion dan elektron, elektron ini bisa dipisahkan dari nukleus dengan cara pemanasan. Bisa kita lihat dari gambar di atas bisa kita asumsikan bahwa plasma menggunakan " Self Illuminating Display " yang bisa diartikan bahwa pixel itu sendiri menghasilkan cahaya, karenanya mampu menghasilkan warna hitam yang baik dan respon yang cepat untuk gambar bergerak. Hal itu pula yang membedakan dengan LCD yang masih menggunakan tehknologi " Transmissive Display " yang artinya pixel yang dihasilkan tidak memancarkan cahaya.
Jadi kelebihan dari plasma salah satunya jika digunakan untuk menonton TV sudah pasti resolusi yang dipancarkan akan lebih tinggi dan lebih baik dibanding TV biasa. Scanning* (metode pelacakan) garis biasa terdapat di CRT* (layar monitor yang memakai tabung gambar dengan tingkat resolusi yang lebih rendah daripada LCD). 

Bagaimana dengan kualitas gambar jika kita compare antara Plasma dan LCD ??

Source : http://www.tomsguide.com/us/picture-story/73-2-plasma-versus-lcd.html



PLASMA



LCD







Jika berbicara mengenai kualitas gambar pastinya kita akam membicarakan juga mengenai Saturasi Warna dan Black Level.
Tehknologi pada plasma bersifat Self Illuminated yang dapat menciptakan warna hitam yang dalam/ benar- benar hitam, sedangkan LCD yang berdifat meneruskan cahaya lebih sulit untuk menciptakan warna hitam yang baik. Saturasi warna yang dihasilkan plasma melebihi standart HDTV* (high definition television) yang menghasilkan akurasi gambar yang lebih akurat dan detail.

Sudut Pandang Audience.



Plasma Display








LCD Display








Tekhnologi yang ada pada plasma Self Illuminated memberikan sudut pandang yang lebih baik dibandingkan dengan LCD, sangat sesuai digunakan untuk di publik display untuk signage, confrence room maupun home theatre dimana tidak semua audience dapat melihat tepat di tengah display.

Resolusi Gambar Bergerak












Bisa kita lihat perbandingan kedua tekhnologi tsb, respon dari tiap- tiap pixel pada tekhnologi plasma lebih baik dibandingkan dengan LCD. Keunggulan ini membawa keuntungan ketika digunakan untuk menampilkan gambar bergerak atau HDTV sehingga detail pada gambar bergerak tsb tetap terlihat lebih baik dan jelas.

Ukuran Layar Yang Besar
Sangat sesuai untuk digunakan untuk aplikasi Signange, Confrence Room, Medis maupun Edukasi dan Home Theatre, dengan rsolusi gambar yang tinggi serta kualitas gambar yang sangat baik dengan tetap menampilkan gambar dengan jelas dan sangat sesuai untuk ruangan dengan ambience cahaya yang tinggi/ terang. Sebaliknya LCD dengan keterbatasan tekhnologi yang dimiliki tidak mampu untuk menampilkan kualitas gambar sebaik pada tekhnologi Plasma dengan ukuran diatas 50 Inch.

Daya Tahan Tekhnologi Plasma dan LCD
Panel plasma dilindungi oleh " Tempered Glass " sehingga sanggup untuk menahan impact/ benturan sampai dengan 4 Joules, yang mana jika dibandingkan dengan LCD dengan kekuatan yang sama sudah pasti akan LCD display akan hancur, kekuatan panel plasma ini membuat plasma sangat cocok untuk digunakan di area terbuka/ publik display karena ketahanannya, baik untuk media signange maupun touchscreen.

Perbandingan antara Plasma Display dengan LCD Display jika dilihat dari sisi yang lain, diantaranya :
  • Banyak yang bilang bahwa plasma memakai konsumsi daya yang besar, apahkah memang benar demikian, Rate Power Consumption pada brosur diukur ketika plasma menampilkan image full white yang mana semua pixel berpijar scr maksimal, pd kenyataannya konsumsi daya plasma tidak akan sama seperti pada brosur karena image yang ditampilkan tidak mungkin selalu full white, tergantung dengan terang redupnya gambar (warna hitam) yang ditampilkan. Berbeda dengan LCD yang selalu menggunakan konsumsi daya penuh meski gambar yang ditampilkan adalah gambar gelap, sehingga bisa dikatakan konsumsi daya Plasma Display tidak akan jauh berbeda dengan LCD Display.
  • Umur plasma lebih pendek dibandikan dengan LCD, bahwa saat ini tekhnologi plasma sudah diperbaharui, saat ini panel life plasma sudah berada di angka 100.000 jam, sangat cocok untuk yang ingin berinventasi secara Low Cost karena satu- satunya bagian yang sering diganti hanyalah kipas pendingin panel plasma.
  • Burning Effect (Aging), burning effect terjadi karena gambar statis/ diam yang terus menerus ditampilkan. Saat ini beberapa tekhnologi tambahan untuk mencegah efek ini pada menu screen saver seperti wobbling, white scroll bar, negative image, overlay scroll bar yang dapat di schedule.
  • Brighness yang rendah, keterangan pada plasma cukup baik untuk ditampilkan pada ruangan yang cukup terang, sebagai contoh jika plasma ditempatkan pada ruang tengah toko dan pada saat costumer melihat di toko, plasma tidak terlihat cukup terang karena cahaya di toko tsb berkali- kali lipat daripada ruangan dimana display ditempatkan, LCD memang menarik perhatian karena keterangan dan warna yang ditampilkan sangat terang dan cerah, tetapi ketika LCD tsb ditempatkan pada ruangan yang semestinya, akan terasa terang itu menimbulkan kelelahan pada mata dan warna yang dihasilkan akan terlihat artifisial dan tidak natural.                                             

Tidak ada komentar: